Validasi pasar untuk produkmu lebih penting daripada APAPUN. Lebih penting dari fitur, tim, desain, harga, dll.
Tanpa validasi pasar, mungkin tidak ada yang mau membayar untuk menggunakan produkmu. Sayang loh, buang-buang tenaga, waktu, ama duit. Ujung ujungnya nanti malah stress.
Jadi inilah beberapa tips dari saya untuk memvalidasi ide bisnis sebelum kamu eksekusi, bahkan sebelum mengeluarkan uang sepeser pun.
Interaksi dengan calon customer
Rata-rata ide itu dateng dari sebuah masalah yang kamu alamin. Nah, kerjaan selanjutnya adalah ngecek apa bener masalah yang kamu alamin sama kayak yang orang lain alamin apa nggak.
Banyakin ngobrol sama orang yang bakal butuh, bakal pengen, atau mungkin bakal suka sama produk kamu itu penting banget. Dan perlu diinget juga untuk cari orang yang bener-bener pas buat ditanyain pendapat ide bisnis lo.
Contoh, kalo kamu mau bikin aplikasi soal anak-anak, kamu gabisa cuman ngobrol ama “orang tua”.
Kamu butuh “orang tua yang punya 2 anak atau lebih yang nyekolahin anaknya jauh dari rumah.” Intinya harus ngobrol sama calon customer yang spesifik, saya ngerti pasti susah buat nyari orang yang spesifik banget kek gitu, tapi ini berita baiknya :
Kamu cuman perlu 12 orang.
Saya juga pertama kali denger jumlah orang efektifnya dari Ash Maurya, dan saya perhatiin ngaruh juga sama kerjaan saya di Appster.
Ketika, kamu ngobrol sama target yang spesifik banget kayak gitu, di 6 obrolan pertama, kamu bakal cepet dapet banyak banget bahan buat ngembangin idenya dan tau masalah sesungguhnya yang dihadepin ama orang lain. 6 obrolan sisanya, bakal kebentuk pattern yang sama yang fungsinya buat memperjelas masalah utama yang harus dipecahin terlebih dahulu.
Ini bukan berarti kamu ga perlu ngobrol lagi ke orang lain lagi, kasarnya ini mah cuman angka minimal buat awal-awal riset pasar aja. Biar lebih tau prioritasnya sama masalah apa yang harus dipecahin dulu.
Good luck with your business!
No comments:
Post a Comment