Cara Memprediksi Calon Customer Kamu Butuhkan - Cara Menjadi Apapun

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

loading...
Loading...

Wednesday, June 6, 2018

Cara Memprediksi Calon Customer Kamu Butuhkan

Mengerti apa yang calon customer butuhkan itu sangat krusial dengan produk yang akan kamu buat. Ada sekitar 1.9 miliar website dan akan selalu bertambah setiap detiknya. Which is dengan beragam website dan produknya bagaimana cara kita untuk di-notice pasar dengan produk baru? Ayo simak 3 cara akurat untuk memprediksi kebutuhan calon customer kamu!
Mengetahui Statistik Calon Customer
Pertama kali yang harus kamu perhatiin adalah rentang umur dari calon customer kamu. Contoh, kalo kamu jual asuransi jiwa tentu calon customer kamu adalah generasi Baby Boomer, tapi kalo kamu jualnya skateboard, calon customer kamu kemungkinan adalah generasi Z.
Kalo kamu udah paham soal rentang umur mereka, baru kamu bisa memprediksi kebutuhan customernya lebih baik. Contoh simplenya dalam design promosi, kalo customer kamu umurnya rata-rata diatas 60, design kamu butuh font dengan ukuran besar dan warna lebih kontras dibanding yang umurnya 15.
Perhatikan bagaimana website Skate America. Disini mereka pake warna yang rame dan cerah yang menggambarkan anak muda banget. Terus websitenya pun didesain ala-ala komik sesuai trend pada masanya yaitu pop culture.
Mengantisipasi Pertanyaan
Cara selanjutnya adalah mengira-ngira pertanyaan yang bakal ditanyain tentang produk atau jasa kamu. Kalo bisa kunjungi website-website diskusi kayak forum. Perhatikan apa yang mereka tanyakan diforum tersebut. Aplikasikan juga pada website kamu dengan menjadikan jawaban pertanyaan umum pada forum sebagai deskripsi dari produk kamu.
Pada website Uniquely You Orthodontic, mereka menjawab tentang pengalaman umum pake behel. Kayak gimana sih kalo makan pake behel, makanan apa yang harus dihindari kalo lagi pake behel, dan pertanyaan umum lainnya.
Belajar dari Pesaing Kamu
Pesaing kamu kemungkinan besar sudah menjangkau dan mendapatkan target customer kamu. Kamu bisa belajar banyak cara dapetin mereka dari apa yang pesaing kamu lakukan. Mulai dari daftar buat mailing list mereka, buka website mereka dengan sering, dan pelajari bagaimana marketingnya. Tujuan kamu adalah memberikan service yang lebih dengan memberikan calon customer kamu sesuatu yang mereka gabisa kasih, intinya sih yang bisa bikin kamu beda lah dari mereka.
Venus clothing mengantisipasi kebutuhan customer mereka dengan cara diatas. Pertama mereka pasang di halaman depan website mereka foto model yang gede dengan dress mereka di pantai supaya ngasih liat kalo produk dress mereka cocok juga buat dipake di pantai. Mereka juga ngasih promo gratis ongkir supaya orang makin tertarik buat beli.
Kesimpulan
Mencari tau soal kebutuhan konsumen harus banyak-banyak liat data dan butuh juga common sense. Perhatikan soal masalah-masalah yang nyata menyangkut produk yang akan kamu buat.
Seiring berjalannya waktu, customer kamu pun kebutuhannya akan berubah. Alangkah lebih baik jika kita ngikutin kebutuhan customernya, bisa langsung nanya apa yang mereka mau dan bikin jawaban mereka sebagai data baru. Memfokuskan pada kebutuhan customer itu termasuk investasi waktu yang gaboleh dilewatin dalam berbisnis.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages