Mengerti apa yang calon customer
butuhkan itu sangat krusial dengan produk yang akan kamu buat. Ada sekitar 1.9
miliar website dan akan selalu bertambah setiap detiknya. Which is dengan
beragam website dan produknya bagaimana cara kita untuk di-notice pasar dengan
produk baru? Ayo simak 3 cara akurat untuk memprediksi kebutuhan calon customer
kamu!
Mengetahui
Statistik Calon Customer
Pertama kali yang harus kamu
perhatiin adalah rentang umur dari calon customer kamu. Contoh, kalo kamu jual
asuransi jiwa tentu calon customer kamu adalah generasi Baby Boomer, tapi kalo
kamu jualnya skateboard, calon customer kamu kemungkinan adalah generasi Z.
Kalo kamu udah paham soal
rentang umur mereka, baru kamu bisa memprediksi kebutuhan customernya lebih
baik. Contoh simplenya dalam design promosi, kalo customer kamu umurnya
rata-rata diatas 60, design kamu butuh font dengan ukuran besar dan warna lebih
kontras dibanding yang umurnya 15.

Perhatikan bagaimana website
Skate America. Disini mereka pake warna yang rame dan cerah yang menggambarkan
anak muda banget. Terus websitenya pun didesain ala-ala komik sesuai trend pada
masanya yaitu pop culture.
Mengantisipasi
Pertanyaan
Cara selanjutnya adalah
mengira-ngira pertanyaan yang bakal ditanyain tentang produk atau jasa kamu.
Kalo bisa kunjungi website-website diskusi kayak forum. Perhatikan apa yang
mereka tanyakan diforum tersebut. Aplikasikan juga pada website kamu dengan
menjadikan jawaban pertanyaan umum pada forum sebagai deskripsi dari produk
kamu.

Pada website Uniquely You
Orthodontic, mereka menjawab tentang pengalaman umum pake behel. Kayak gimana
sih kalo makan pake behel, makanan apa yang harus dihindari kalo lagi pake
behel, dan pertanyaan umum lainnya.
Belajar dari
Pesaing Kamu
Pesaing kamu kemungkinan besar
sudah menjangkau dan mendapatkan target customer kamu. Kamu bisa belajar banyak
cara dapetin mereka dari apa yang pesaing kamu lakukan. Mulai dari daftar buat
mailing list mereka, buka website mereka dengan sering, dan pelajari bagaimana
marketingnya. Tujuan kamu adalah memberikan service yang lebih dengan
memberikan calon customer kamu sesuatu yang mereka gabisa kasih, intinya sih
yang bisa bikin kamu beda lah dari mereka.

Venus clothing mengantisipasi
kebutuhan customer mereka dengan cara diatas. Pertama mereka pasang di halaman
depan website mereka foto model yang gede dengan dress mereka di pantai supaya
ngasih liat kalo produk dress mereka cocok juga buat dipake di pantai. Mereka
juga ngasih promo gratis ongkir supaya orang makin tertarik buat beli.
Kesimpulan
Mencari tau soal kebutuhan
konsumen harus banyak-banyak liat data dan butuh juga common sense. Perhatikan
soal masalah-masalah yang nyata menyangkut produk yang akan kamu buat.
Seiring berjalannya waktu,
customer kamu pun kebutuhannya akan berubah. Alangkah lebih baik jika kita
ngikutin kebutuhan customernya, bisa langsung nanya apa yang mereka mau dan
bikin jawaban mereka sebagai data baru. Memfokuskan pada kebutuhan customer itu
termasuk investasi waktu yang gaboleh dilewatin dalam berbisnis.
No comments:
Post a Comment